Cara Menghilangkan Suara Vocal Pada Sebuah Lagu | Tutorial Untuk Pemula Smule Dalam Membuat Lagu Karaoke

Advertisement
Tutorial Untuk Pemula Smule Dalam Membuat Lagu Karaoke

Evolirik - Banyak yang bertanya atau sekedar mencari artikel dan postingan tentang " bagaimana cara membuat lagu karaoke " di pencarian google. Di postingan kali ini admin akan menjelaskan atau sekedar berbagi pengalaman bagimana cara memisahkan suara track vocal dan suara track musik pada sebuah lagu sehingga bisa menjadi sebuah lagu tanpa vocal/karaoke. Dengan kemajuan zaman dan internet sekarang ini sebenarnya lagu favorit bisa ditemukan di internet, namun ada beberapa lagu atau musik yang mereka cari tidak di temukan dalam internet. Oleh sebab itu admin akan menjelaskan tutorial membuang track vocal pada sebuah lagu dengan menggunakan satu (1) aplikasi, yaitu FL Studio size sekitar 600 Mb (terserah versi berapa dan kalau ingin mendownloadnya silahkan search saja di google).

Tampilan FL Studio
Ada beberapa langkah yang sangat penting dalam mengubah suatu lagu agar menjadi sebuah lagu karaoke, akhir-akhir ini semakin ramai orang bermain karaoke lewat dunia maya. Sebut saja salah satunya di android yaitu smule dan lain-lainnya.

Berikut Tutorial Membuang Track Vocal Pada Sebuah Lagu (Karaoke):

1. Pemilihan Sebuah Lagu

Perlu di perhatikan, tidak semua lagu bisa dijadikan untuk ber-karaoke maksudnya hanya lagu yang memiliki suara stereo yang bisa di buang track vocalnya. Cara mengetahui apakah suatu lagu itu stereo atau mono adalah ketika lagu yang kita dengarkan itu (lebih diutamakan memakai headsheet) vocal suaranya hanya terdengar disatu sisi headsheet/handfree. Jadi di sisi kiri terdengar suara vocal dan sisi kanan suara musik begitu juga sebaliknya. Berarti lagu tersebut bisa dijadikan lagu karaoke, dan kalau seandainya suara vocal terdengar dikedua telinga kita sudah barang tentu lagu tersebut (mono) tidak bisa dijadikan lagu karaoke.

2. Profile FL Studio

Jujur saya pun tidak mengetahui seluruh fungsi dari aplikasi FL Studio ini, namun saya hanya mencoba-coba sendiri dan bereksperiment dalam membuat lagu karaoke pada aplikasi FL Studio ini. Selain itu aplikasi ini juga bisa mengedit sebuah lagu untuk dijadikan remix,disco atau terserah kemauan anda. Fokus kita dipostingan ini adalah cara membuat lagu karaoke atau cara membuang track vocal pada sebuah lagu.

Cara Menghilangkan Suara Vocal Pada Sebuah Lagu
Tampilan Home dari FL Studio
Langkah selanjutnya memasukan lagu ke dalam kolom FL Studio, ingat ya teman-teman lagu yang stereo yang bisa di hilangkan vocalnya :).

Cara Menghilangkan Suara Vocal Pada Sebuah Lagu
Gambar 2
Pada gambar (2) diatas saya mencontohkan satu lagu yang berjudul selat malaka (Andra Respati Feat. Elsa Pitaloka) dan perhatikan icon yang saya lingkari dengan warna kuning, kemudian tekan icon tersebut setelah lagu dimasukkan di kolom FL Studio. Untuk memutar lagu silahkan tekan tombol disebelah kiri tulisan Playlist - 1. Andra Feat Elsa.

Cara Menghilangkan Suara Vocal Pada Sebuah Lagu
Gambar 3
Pada Gambar (3) setelah anda menekan icon yang dilingkari warna kuning seperti pada gambar no 2 di atas akan keluar sebuah menu lagi, lalu klik Slot 1 dan pilih tulisan Fruity Stereo Shaper dan akan muncul tampilan Mixer Matrix Effect seperti gambar no 3.
 
Cara Menghilangkan Suara Vocal Pada Sebuah Lagu
Gambar 4
Bagian ini lah yang sangat penting dan harus di perhatikan, icon yang ada di kotak warna hijau biasanya saya abaikan saja tidak saya ubah-ubah (default) yang saya ubah adalah icon yang di dalam lingkaran berwarna abu-abu. Garis kuning di atas saya naikkan kedua-duanya karena di icon tersebutlah track suara musik terdapat sedangkan garis kuning merah saya letakkan ditengah kedua-duanya (track suara vocal) sehingga tidak terdengar lagi suara vocalnya. 

Setelah dirasa pas settingan lagu di atas dan tidak terdengar lagi suara track vocalnya silahkan lagu tersebut di simpan/save di laptop dan komputer anda dalam format MP3 dan Selamat berkaraoke ria.

Cara Menghilangkan Suara Vocal Pada Sebuah Lagu
Demikianlah tutorial membuat lagu karaoke atau menghilangkan track suara Vocal pada sebuah lagu, kalau ada pertanyaan dan ada yang diragukan dari penjelasan di atas silahkan tinggalkan komentar di bawah postingan artikel ini. Insha Allah kalau sempat akan saya buatkan video tutorialnya. Terima Kasih semoga berguna buat teman-teman sekalian.
Advertisement

You might also like